Selasa, 19 Juni 2012

Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab


Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab

Pembelajaran bahasa diperlukan agar seseorang dapat berkomunikasi dengan baik dan benar dengan sesamanya dan lingkungannya, baik secara lisan maupun tulisan. Tujuanpembelajaran bahasa adalah untuk menguasasi ilmu bahasa dan kemahiran berbahasa arab,seperti muthala’ah, muhadatsah, insya’; nahwu dan sharaf, sehingga memperolehkemahiran berbahasa yang meliputi empat aspek kemahiran, yaitu: (1) kemahiran menyimak, kemahiran membaca, kemahiran menulis, dan kemahiran berbicara. Menyimak merupakan proses perubahan wujud bunyi (bahasa) menjadi wujud makna. Kemahiranmenyimak sebagai kemahiran berbahasa yang sifatnya reseptif, menerima informasi dari orang lain (pembicara).
Kemahiran membaca merupakan kemahiran berbahasa yang sifatnya reseptif,menerima informasi dari orang lain (penulis) di dalam bentuk tulisan. Membaca merupakan perubahan wujud tulisan menjadi wujud makna. Kemahiran menulismerupakan kemahiran bahasa yang sifatnya yang menghasilkan atau memberikaninformasi kepada orang lain (pembaca) di dalam bentuk tulisan. Menulis merupakanperubahan wujud pikiran atau perasaan menjadi wujud tulisan. Sedangkan kemahiranberbicara merupakan kemahiran yang sifatnya produktif, menghasilkan ataumenyampaikan informasi kepada orang lain (penyimak) di dalam bentuk bunyi bahasa(tuturanmerupakan proses perubahan wujud bunyi bahasa menjadi wujud tuturan (Suherman, 2000:4-5).
Departemen Agama (1975:117) menjelaskan bahwa tujuan umum pembelajaranbahasa Arab adalah: (1) untuk dapat memahami al-Quran dan hadist sebagai sumberhokum ajaran islam; (2) untuk dpat memahami buku-buku agama dan kebudayaan islam yang ditulis dalam bahasa Arab; (3) untuk dapat berbicara dan mengarang dalam bahasa Arab; (4) untuk dapat digunakan sebagai alat pembantu keahlian lain (supplementary); (5)untuk membina ahli bahasa arab, yakni benar-benar profesional.
Di samping itu tujuan pengajaran bahasa Arab adalah untuk memperkenalkan berbagai bentuk ilmu bahasa kepada peserta didik yang dapat membantu memperolehkemahiran berbahasa, dengan menggunakan berbagai bentuk dan ragam bahasa untuk berkomunikasi, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan, untuk tercapainya tujuan tersebutpara pengajar/ahli bahasa, pembuat kurikulum atau program pembelajaran harusmemikirkan materi/bahan yang sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik sertamencari metode atau teknik pengajaran ilmu bahasa dan kemahiran berbahasa arab, danmelatih peserta didik dalam kehidupan sehari-hari, baik kemahiran , membaca, menulisdan berbicara.
Kemahiran dasar yang harus dimiliki dalam memahami bahasa Arab dalahmenguasai ilmu bahasa dan kemahiran berbahasa Arab beserta kaidahnya-kaidahnya, menghafal/menguasai kosa-kata  (mufradat)  beserta artinya. Kaidah-kaidah bahasa arab dipelajari dalam mata kuliah nahwu dan sharaf . Sedangkan mufradat dapat dikuasaimelalui mata kuliah muthala’ah dan muhadatsah, karena kedua mata kuliah tersebut sangatbergantung pada penguasaan kosa-kata.
Dalam menguasai kaidah-kaidah bahasa Arab memerlukan kepada penguasaannahwu dan sharaf. Nahwu digunakan untuk mempelajari struktur kalimat dan perubahanbaris akhir. Sedangkan sharaf digunakan untuk mempelajari dasar kata besertaperubahannya. Selanjutnya untuk memperoleh kemahiran menyimak dan membaca perlumempelajari ilmu muthala’ah. Untuk memperoleh kemahiran menulis atau mengarangperlu mempelajari ilmu insya’. Dan untuk memperoleh kemahiran berbicara perlu mempelajari ilmu muhadatsah.

1 komentar:

  1. Bagi seorang muslim dan muslimah sudah seharusnya Kita memiliki semangat dan ghirah dalam mempelajari bahasa arab. Terlebih lagi bahasa arab dan wasilah bagi kita dalam mengenal ilmu syari.
    Masmuka Artinya Cara Mengobati Penyakit Mata (Snot) Pada Lovebird Ufa Bunga SMartphone

    BalasHapus